Tulisan Helena: Pengalaman Bekerja Sebagai Sales Door to Door

Kamis, 15 Juni 2017

Pengalaman Bekerja Sebagai Sales Door to Door



Tulisan Helena - Hari ini gue akan bercerita tentang pengalaman gw menjadi sales door to door disalah satu perusahaan elektronik rumahan. Disini perlu gw garis bawahi:
1. Gw lulusan sarjana Sains dari salah satu universitas negeri ternama yang ada di bandung.
2. IPK gw cukup bagus diatas 3 dikit.
3. Skill english gw bagus
4. Skill komputer gw juga lumayan walaupun tidak seberapa.

Jadi saat itu gw bekerja di salah satu perusahaan startup yang bergerak dalam bidang elektronik rumahan. Pada awal pertama kali test, gw gak ada dibilang bakalan jadi sales door to door karena kalau jadi sales door to door tentu gw gak mau. Jadi pada saat pertama kali bekerja gw disuruh benerin website perusahaan.

Oke lah, karena gw ini cms wordpress tentu gak terlalu susah buat gw karena wordpress cukup simple dan emang banyak perusahaan startup menggunakan CMS wordpress walaupun gak semua ya.
Disini gw masih sedikit meraba raba karena gw bukan expert. Sebelumnya gw bekerja sebagai marketing asuransi tetapi bukan door to door, lebih ke bisnis to bisnis, tidak ada target yang terlalu berat.

Website perusahaan ini gw kelarin dalam waktu 1 bulan. What? Lama banget ya? Iya karena yang gw bilang diatas gw masih meraba raba. Apalagi gw harus nyari design sana sini. Gw gak terlalu berbakat buat desain.

Setelah website selesai maka gw disuruh optimasi website biar bisa nangkring di google. Whaaattt?? Gimana caranya?? Akhirnya gw pelajari sana sini dari gak paham ampe sedikit paham. Lebih kurang gw belajar selama 1 minggu gimana proses yang namanya SEO itu dilakukan. Setelah gw paham dan ternyata persaingan keyword yang diminta ama perusahaan gw itu cukup sederhana, low competition jadi gw cukup optimasi onpage saja.

Gw kerjain optimasi onpage, gw kerjain juga off page. Eh tau taunya dia juga minta untuk adword dan FB ads, gw juga belajar tuh FB ads dan adword sendiri. Ini perusahaan gak ada bimbing gw sama sekali dan orang sekitar gw juga gak ada yang paham. Yasudah, hampir tiap hari gw kena marah karena kinerja cuma dikit, masa fb ads blum kelar, masa adword blum, masa belum nangkring juga di google.

Yapp,, gw melakukan proses optimasi 2 bulan dan akhirnya alhamdulillah bisa nangkring juga tuh website perusahaan di google.

Oh iya, selama disana gw disuruh bikin design brosur, bikin design ini itu dan dari gw sama sekali gak pernah megang photoshop ampe akhirnya gw bisa juga walaupun hasilnya masih kena omel mulu. hahahahaha

Tapi justru ini titik balik gw.
- website udah jadi
- design juga udah
- produk udah ready

tapi penjualan 0 ya 0 besar. Kemudian gw disuruh jadi sales tapi sales door to door.

WWWWWHAAAATTTT THEEE FFFFFFkkkkkk!!!

Disini gw merasakan yang namanya getok getok rumah orang, diusir dari rumah orang, ketemu rumah mewah dan pemiliknya baik. Jangan ditanya diusir satpam atau gak, minimal 2x dalam seminggu gw pasti pernah kena usir satpam komplek. Kalau satpam rumah hampir tiap hari hahahah

Sunggu batin gw tersiksa. Gw sedih banget, tiap hari kayak gini tapi gw ngerasa ini tantangannya.

Gw udah mulai bisa ngerasain ritme nya. Tetapi selama 1 bulan tetap gak membuahkan hasil.

Tau gak gimana akhirnya??? Ternyata gw dipecat dengan alasan target gak nyampe. Gaji gw terlalu gede (emang gaji gw gede, 2x UMR hehehehe ) tetapi gw gak nyangka juga bakalan dipecat kayak gitu aja karena gagal target aja T_T

gw nagis, gw sedih.
Kenapa gw dipecat gitu aja. Apa alasannya..

Ya Allah, jadi pengangguran lagi hambamu ini.

Sekian lama hamba berjuang tetapi hasilnya tetap kena pecat. T_T

Tetapi Allah ternyata tidak tidur.

Gw mulai melamar sana sini dan tidak sampai 1 bulan gw dah dapat kerjaan dengan gaji lebih besar dari yang sebelumnya.

Alhamdulillah....
Sunggu Allah tidak tidur.

Gimana nasib perusahaan gw yang sebelumnya? Info trakhir yang gw dapat udah berhasil masang di 1 rumah tapi blum dibayar sama sekali ama yang punya.
Dan tau gak? itu yang gw sales door to door ternyata nge hubungi gw dan mau masang setelah 1 bulan gw gak kerja lagi disana, kemudian gw hubungi kompetitor perusahaan gw dan gw lempar ke mereka. Dan lebih berkahnya lagi, gw dapat fee yang cukup besar dan dapat bonus hampir sama dengan gaji diperusahaan sebelumnya.

Alhamdulillah...

Sekali lagi saya ucapkan Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar